PELATIHAN PRECEPTORSHIP DAN MENTORSHIP BAGI PEMBIMBING KLINIK DI FASILITAS PELAYANAN KESEHATAN POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA TAHUN 2024

Pengembangan tenaga kesehatan diarahkan untuk meningkatkan mutu dan karir tenaga kesehatan maka diperlukan suatu mekanisme dalam upaya meningkatkan profesionalisme tenaga kesehatan melalui proses pembimbingan yang dilakukan oleh pembimbing klinik yang memiliki kewenangan klinis dan telah mengikuti pelatihan sebagai pembimbing klinik (preceptor-mentor). Hal ini sesuai dengan PMK 40 tahun 2017 tentang Pengembangan Jenjang Karir Profesional Tenaga Kesehatan Klinik diperlukan kompetensi sebagai preceptorship dan mentorship bagi tenaga tenaga kesehatan dan praktikan di bawah bimbingannya.

 

Seorang preceptor-mentor perlu dibekali kemampuan dalam membimbing melalui Pelatihan Preceptorship dan Mentorship bagi Pembimbing Klinik di Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi pembimbing klinik dalam melaksanakan bimbingan bagi tenaga kesehatan baru maupun tenaga kesehatan yang sedang proses peningkatan jenjang karir dan praktikan. Untuk itu, sebagai upaya dalam peningkatan kompetensi para pembimbing klinik Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, maka diperlukan penyelenggaraan Pelatihan Preceptorship dan Mentorship bagi Pembimbing Klinik di Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

 

Kegiatan Pelatihan ini dilaksanakan selama 3 hari, dari tanggal 19 sd 21 Februari 2024 dilaksanakan di ruang kelas Niskala 1 & Niskala 2 gedung G lantai 6 Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dengan diikuti oleh 15 peserta di pelatihan angkatan 1 dan 15 peserta di Angkatan 2. Pada akhir kegiatan pelatihan ini diberikan penghargaan 3 peserta terbaik untuk masing – masing angkatan.

.